Rabu, 18 Mei 2016

Menembus Dasar Laut di Pantai Tobololo

  
Pantai Tobololo dalah sebuah pantai yang terletak disebelah kota utara pulau ternate yang berlokasi di kel. tobololo itu sendiri. Bisa dibilang pantai ini masih alami dikarenakan belum ada campur tangan dari Pemda kota setempat, untuk itulah mungkin pantai ini kurang dipublikasikan oleh orang - orang.Secara Geografis Pantai diapit oleh dua pulau yaitu pulau Halmahera dan Pulau Hiri.
pantai ini sendiri mempunyai banyak keunikan yang membedakan dengan pantai - pantai lain. Disaat air surut, kita akan disuguhkan pemandangan lautan karang sejauh kurang lebih 50meter dari bibir karang. Sedangkan disaat air lautnya pasang, jika ombaknya sedikit besar, maka kita bisa berselancar (Matoro). Dan di sana juga terdapat Sumber Mata Air Panas).
Banyak Wisatawan lokal mupun Mancanegara yang masih belum tahu tentang keberadaan Sumber Mata air panas dipantai tobololo ini, hal dikarenakan kurang dipublikasikan oleh ngofa - ngofa ternate (Orang - Orang Ternate) khususnya Orang tobololo. Memang sumber airnya dari gunung Gamalama itu sendiri, tapi kita bisa menemukannya dipantai Tobololo juga. Banyak titik - titik yang bisa kita temukan letak air panas itu sendiri, seperti disumur, didalam pasir dan juga balik batu karang. Uniknya dari air panas dipantai Tobololo ini adalah, airnya tetap berasa tawar walaupun berjarak 1 meter dari air laut itu sendiri hal ini dikarenakan air panas itu sendiri mengalir langsung dari gunung gamalama kepantai Tobololo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar